{title}

Beat That Interview!

Interview kerja adalah satu langkah penting untuk mendapatkan pekerjaan impian. Well, jangan hanya cuma mempersiapkan jawaban atas pertanyaan interviewer saja. Namun, siapkan juga pertanyaan pada akhir sesi. Kamu akan dipersilahkan mengajukan beberapa pertanyaan, jangan melewatkan sesi ini. Tunjukan jika kamu adalah kandidat yang berpotensi dengan mengajukan beberapa pertanyaan berikut ini. 

Pertanyaan tentang posisi kerja

Tidak banyak kandidat yang ingin tahu lebih tentang posisi yang diinginkannya. Menanyakan tentang projek yang akan dikerjakan atau pernah dikerjakan akan memberikan nilai plus lho. Interviewer akan menilai jika kamu benar-benar tertarik dan punya ketertarikan pada posisi tersebut. Pertanyaan lain tentang karakteristik kerja dan tim yang akan bergabung juga bisa menjadi pertanyaan yang worth to ask. 

Pertanyaan tentang jenjang karir 

Bukan hal yang terlalu dini jika kamu ingin menanyakan tentang jenjang karir pada posisi yang kamu inginkan. Hal ini menunjukkan jika kamu adalah orang yang fokus pada masa depan dan peduli akan adanya growth pada pekerjaan. Bukan hal yang individual kok jika kamu menanyakannya, pasalnya kamu juga harus tahu perkembangan karir apa saja yang bisa kamu dapatkan. 

Pertanyaan tentang perusahaan 

Ini nih pertanyaan yang hampir nggak pernah 'tersentuh' oleh para interviewer. Mengajukan pertanyaan tentang goals dari perusahaan 5-10 tahun lagi nggak ada salahnya kok. Malah, pertanyaan ini menunjukkan betapa kamu care sama perusahaan. Mengetahui kondisi perusahaan juga diperlukan agar kamu bisa menempatkan diri serta memberikan dedikasi terbaik. 

Last question

Menanyakan tentang kualifikasi yang kamu miliki pada pihak interviewer adalah last question yang sebaiknya kamu ajukan. Beranikan diri aja guys! Dengan begitu kamu tahu sejauh mana pihak interviewer 'tertarik' padamu. Jika mereka melihat ada beberapa kualifikasi yang kurang, maka kamu harus bersiap untuk mencari pekerjaan lain. Namun, jika mereka memberikan lampu hijau, tunggu aja kabar selanjutnya ya! Paling enggak akan menjawab sedikit rasa penasaranmu. 

Guys, jangan cuma pasif aja menjawab pertanyaan dari interviewer. Kamu juga berhak memberikan pertanyaan berkaitan dengan jenjang karir dan lingkungan kerja kok. So, beat that interview!

 

comments powered by Disqus