{title}

5 Fakta Unik Film 'Guru Bangsa Tjokroaminoto'

Finally, salah satu tokoh besar dalam sejarah Bangsa Indonesia, Raden Hadji Oemar Said Tjokroaminoto, atau yang mungkin kamu kenal dengan nama HOS Tjokroaminoto, kembali dihidupkan walaupun hanya dalam kreasi layar perak. Film dengan judul “Guru Bangsa Tjokroaminoto” ini dibesut sama sutradara Garin Nugroho. 

Karya terbaru Garin ini bakal mengisahkan tokoh pergerakan nasional Tjokroaminoto, yang bakal diperankan sama aktor yang pernah sukses menceritakan masa muda B.J. Habibie. Yup, siapa lagi kalau bukan Reza Rahadian? Selain Reza Rahadian, film ini juga menghadirkan deretan bintang-bintang film Indonesia, seperti Christine Hakim, Sujiwo Tejo, Didi Petet dan Egi Fredly. Dengan dukungan dari Yayasan Keluarga Besar HOS Tjokroaminoto, “Guru Bangsa Tjokroaminoto” telah kelar diproduksi dan bakal mulai ditayangkan tanggal 9 April 2015.

Ada beberapa fakta unik mengenai film “Guru Bangsa Tjokroaminoto”, scroll for more info.

Riset Dua Tahun

Guys,  Garin Nugroho tampaknya nggak mau setengah-setengah dalam menciptakan “Guru Bangsa Tjokroaminoto”. Kabarnya, film ini membutuhkan riset selama dua tahun! Alasannya, karena sedikitnya referensi dari sosok pendiri Sarekat Islam tersebut. Selain itu, belum ada penulis Indonesia atau dunia yang menuangkan perjalanan kehidupan seorang HOS Tjokroaminoto ke dalam sebuah biografi. Akhirnya tim riset harus berjuang keras mengumpulkan segala data yang ada. Sebuah perjalanan yang berat namun memberikan kelegaan dengan hasil akhirnya.

Tanpa Sensor

Sebelumnya, Garin Nugroho sempat khawatir ada pemotongan dalam film “Guru Bangsa Tjokroaminoto.” Dalam salah satu adegannya memang terdengar lagu kebangsaan Belanda berkumandang. Anyway, Garin mengatakan bahwa ia bersyukur bahwa nggak ada satu sensor pun dalam film ini.

Chelsea Islan

Yeah! Cewek dambaan pria se-Indonesia ini kabarnya juga tampil dalam “Guru Bangsa Tjokroaminoto” lho. Oh my… Okay, back to our topic. Dikutip dari situs Kapanlagi, Chelsea Islan mengatakan kalau film ini bisa menjadi sumber inspirasi bagi para penonton, terlebih bagi generasi muda Indonesia. So, buat kamu yang ngaku seorang nasionalis dan cinta Indonesia, kamu wajib nonton “Guru Bangsa Tjokroaminoto.”

Ditonton Pak Jusuf Kalla

Nggak biasa-biasanya salah seorang pemimpin negeri terlihat nobar di bioskop. Tapi, “Guru Bangsa Tjokroaminoto” adalah pengecualian, Guys. Bahkan, Pak Jusuf Kalla dan beberapa menteri sampai menyempatkan waktu sibuknya buat nobar “Guru Bangsa Tjokroaminoto” di Epicentrum XXI. Selain itu, terlihat pula Pak B.J. Habibie, yang makin getol nonton film di bioskop, sebagai salah satu tokoh besar nasional yang hadir dalam pemutaran perdana film tersebut. Stay young, stay healthy, Pak Habibie!

Salah Satu Film Tersulit Buat Reza Rahardian

Pemeran HOS Tjokroaminoto, Reza Rahardian, mengaku kesulitan buat memerankan sosok pahlawan nasional tersebut, Guys. Hal ini berhubungan dengan riset mengenai HOS Tjokroaminoto yang sangat susah sehingga ia tidak bisa mendapatkan bantuan melalui referensi visual. Nggak seperti saat memerankan Bapak B.J. Habibie dimana dia bisa melakukan wawancara langsung dengan beliau.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan jasa-jasa pahlawannya. Dari fakta-fakta unik film ini, sayang banget kalau kamu tidak menyempatkan diri untuk menontonnya. So, bila kamu memang seorang bangsa Indonesia yang sejati, kenali sosok pahlawan yang telah memerdekakan Indonesia tercinta ini,  salah satunya adalah dengan menonton “Guru Bangsa Tjokroaminoto.”

 

comments powered by Disqus