{title}

5 Tips Buat Kamu Yang Ingin Koleksi Vinyl

Dunia musik kini rasannya seperti kembali ke tahun 40-an dimana para penikmat musik berburu vinyl baik dari  dalam maupun luar negeri. Well, kini vinyl mulai digemari lagi karena memberikan nuansa klasik dan cara mendengarkan musik yang berbeda. Biarpun ada iPod yang tinggal dikantongin aja, vinly masih menjadi pilihan bagi sebagian orang. Jika kamu ingin memulai mengoleksinya, simak tips berikut ini yuk. 

Jangan hanya mengikuti trend 

Trend vinyl memang lagi happening banget! Tapi, jangan mencoba untuk koleksi deh kalau kamu cuma ikut-ikutan aja. Vinyl adalah alat penyimpan musik ekslusif yang memiliki analog sound yang nggak ada duanya. Percuma aja kan kalau kamu punya tapi nggak bisa menikmatinya? So, pastikan kamu totally in love sama vinyl. 

Tahu tempat membelinya

Vinyl nggak bisa ditemukan disembaranmgan tempat nih guys. Jika kamu ingin mulai untuk mengoleksinya, harus tahu banget surga dimana untuk menemukan vinyl dengan kualitas yang baik. Di Jakarta, ada 3 tempat yang bisa kamu tuju nih. Ada di Jalan Surabaya, Blom M dan satu di Pasar Santa. Ketiga tempat tersebut sangat direkomendasikan untuk berburu vinyl.

Cara merawatnya 

Merasawat vinyl sebenarnya tidak terlalu susah, namun karena yang akan kamu koleksi ini merupakan barang yang bisa dibilang langka. Ada beberapa perawatan yang sebaiknya kamu ketahui. Simpanlah koleksi vinyl dengan posisi vertikal, jangan sampai di tumpuk! Menumpuk vinyl dapat berakibat warping atau kondisi vinyl yang membengkok sehingga mengeluarkan musik yang aneh ketika dimainkan. Hindari juga paparan matahari secara langsung ya, guys. 

Vinyl berwarna 

Kamu perlu tahu guys, jika vinyl tidak hanya berupa piringan hitam saja. Ada banyak warna yang bisa kamu temukan. Hal ini sebenarnya hanya masalah selera saja sih. Namun, kebanyakan album dan single terbaru memilkiki warna yang menarik. Biasanya para audiophile rela berburu vinyl yang memiliki warna karena dirilis hanya dalam jumlah terbatas. Jika kamu berhasil menemukannya, better if you get it guys.

Cara pemilihan turntable 

Turntable yang bekas memang sangatlah klasik dan juga vintage. Kesan lawas ini bikin hati makin puas memiliki koleksi vinyl yang nggak semuanya bisa dimiliki orang lain. Tapi, lebih baik kamu memilih turntable baru karena kualitasnya lebih terjamin. Turntable lama yang sudah memiliki bekas lecet membutuhkan perawatan serta biaya perbaikan yang nggak sedikit lho. Jadi, lebih baik berinvestasilah ya, guys. 

Bagi sebagian orang, mengoleksi barang yang vintage dan klasik merupakan kepuasan tersendiri. Well, jika kamu mulai jatuh hati dengan vinyl, perhatikan tips di atas ya. Let's get the new collection!

 

comments powered by Disqus