{title}

Adventurous Trekking Menuju Ranu Kumbolo

Kalau kamu masih ingat dengan film paling fenomenal di Indonesia "5cm" yang diadaptasi dari sebuah novel berjudul sama karangan Donny Dhirgantoro, pasti deh langsung keinget dengan pesona gunung semeru dan surga yang tersembunyi di baliknya, yakni Ranu Kumbolo. Hmm, pasti sudah terbayang warna air turquoise yang indah dan udara yang sejuk di sana kan? Well, dari pada bosen liburan ke kota mending trekking ke Ranu Kumbolo yuk, guys

Trekking di Gunung tertinggi di pulau Jawa akan menjadi pengalaman tersendiri yang tak terlupakan. Apalagi, berkesempatan untuk melihat indahnya Ranu Kumbolo yang mempesona. As you know, Ranu Kumbolo merupakan sebuah danau dengan luas 15 hektar yang ada di lereng Gunung Semeru. Untuk bisa sampai ke Ranu Kumbolo, kamu bisa melakukan perjalanan dari Malang atau Surabaya menuju kabupaten Lumajang. Ada banyak jasa travel agent jika kamu ingin berpetualang di sini. Namun, jika ingin yang lebih menantang kamu bisa kok berangkat sendiri. 

Pintu masuk Ranu Kumbolo terletak di Desa Ranu Pani, untuk memasukinya kamu harus mengurus administrasi terlebih dahulu dengan menunjukkan kartu identitas diri dan juga surat keterangan sehat dari dokter. So, sebelum kamu memutuskan untuk mendaki pastikan tubuh dalam keadaan yang fit ya, guys. Begitu masuk pintu pendakian, bersiaplah untuk menikmati pemandangan gunung Semeru dan Bromo sekaligus. Trekking menuju danau Ranu Kumobolo melewati jalan setapak yang dikelilingi oleh hutan tropis yang asri. 

Better, jika kamu melakukan pendakian di pagi hari agar cuaca tidak terlalu panas dan udara masih segar banget. Untuk sampai ke Ranu Kumbolo kamu harus menempuh kira-kira 3 jam perjalanan. Ada beberapa peraturan yang harus kamu taati, yaitu nggak boleh mandi, mencuci dan juga membuang sampah dalam danau. Jika kamu punya sampah, pastikan untuk mengumpulkannya dan membawanya turun ke bawah. Mendirikan tenda di tepi danau Ranu Kumbolo sambil membuat api unggun akan menjadi pengalaman yang luar biasa. 

Ada banyak ranting pohon yang bisa kamu manfaatkan untuk api unggun. Memasak barengan dengan geng dan pasangan pastinya bakalan nyenengin banget. Rasa lelah pada saat trekking hingga Ranu Kumbolo worth it banget dengan pemandangan yang bisa kamu nikmati disana. Pagi harinya, kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbit yang menakjubkan lho. Disebelah Ranu Kumbolo terdapat Bukit Cinta, mitosnya jika kamu mendaki bukit tersebut sambil membayangkan orang yang dicintai tanpa menengok ke belakang, bakalan hidup bahagia bersama lho! So, pastikan Taylor Swift ada dalam pikiranmu. 

Are you ready for the adventure, guys?  

 

comments powered by Disqus