{title}

Saatnya Sadar Akan Keselamatan Berkendara

Teknologi otomotif yang semakin berkembang saat ini tidak hanya sebatas performa mesin dan bentuk body, tetapi juga fitur-fitur keselamatan didalamnya. Fitur-fitur keselamatan yang ada bisa membantu meminimalisir cedera bagi pengendara dan penumpang jika terjadi kecelakaaan. Maka dari itu, kalau kamu berniat untuk membeli sebuah mobil sebaiknya kenali dulu apa saja fitur-fitur keselamatan yang ditawarkan selain fitur standar seperti sabuk pengaman, air bag, automatic door lock dan head rest.

Fitur keselamatan pada pengereman

Anti-lock Brake System (ABS)

Fitur ini membantu roda pada mobil kamu tidak terkunci saat terjadi pengereman mendadak. Karena jika roda terkunci pada saat terjadi pengereman mendadak, mobil masih akan terus melaju dan sangat sulit untuk mengendalikannya. ABS akan bekerja saat kamu menginjak pedal rem sekeras-kerasnya, namun satu hal yang harus kamu ingat adalah ketika ABS bekerja akan terasa getaran keras di pedal dan seluruh body mobil.

Electronic Brake Force Distribution (EBD)

EBD merupakan subsistem dari ABS, fitur ini berfungsi dengan cara mengatur tekanan minyak rem yang berbeda ke setiap roda berdasarkan kecepatan, kondisi jalan hingga beban yang ditanggung oleh masing-masing roda. EBD berfungsi untuk menghindari slip pada roda mobil kamu, dengan membantu roda mendapatkan kembali daya cengkram, sehingga laju kendaraan tetap terkontrol.

Emergency Brake Assist (EBA)

Saat keadaan darurat fitur ini akan menambah tekanan pengereman dengan cara mendeteksi kondisi bagian mobil kamu yang memerlukan pengereman mendadak, yang diukur dari kecepatan menekan pedal rem. Pada prakteknya EBA dapat mengurangi jarak pengereman sekitar 20%.

 

Fitur keselamatan pada kemudi/Steering

Dynamic Stability Control (DSC)

Salah satu fitur yangberguna untuk meningkatkan keamanan dalam mengemudikan mobil sehingga kamu terhindar dari slip. Cara kerjanya, DSC akan mendeteksi jika kamu kehilangan kontrol pada mobil dan akan mengurangi kecepatan mobildengan membantu pengereman ke masing-masing roda dan juga mengurangi tenaga mesin hingga mobil dapat dikendalikan kembali. Fitur ini menurut badan regulasi keselamatan otomotif di Amerika Serikat dapat mencegah sepertiga dari total kecelakaan fatal yang terjadi di jalan lho.

Traction Control System (TCS)

Fitur TCS ini akan berkerja pada mobil kamu untuk mempertahankan rasio slip diantara ban dan permukaan jalan. TSC akan mempertahankan kondisi pada torsi mesin di steady state plant, sehingga mobil akan terhindar dari melintirnya pergerakan roda (wheelspin) saat  kamu memacu mobil dengan akselerasi tinggi.

Hill Launch Assist (HLA)

Fitur ini sangat membantu pada kamu saat melewati jalan menanjak atau menurun, HLA akan meningkatkan tekanan pengereman di masing-masing roda untuk mengurangi laju mobil.

Fitur keselematan pada Sasis/Body

MAIDAS dan Triple-H body Structure

Teknologi yang dikembangkan oleh Mazda bernama Mazda Advanced Impact Distribution and Absorption System (MAIDAZ) dan Triple-H body Structure. Berfungsi untuk melindungi kamusaat mobil mengalami benturan. Karena MAIDAS dan Triple-H body Structure akan menyerap setiap energi benturan dan menjaga struktur kabin.

i-ACTIVESENSE dari Mazda

Selain fitur keselamatan di atas, ternyata Mazda pun menambahkan teknologi lainnya terutama di beberapa seri mobilnya, sehingga pengendara akan merasa lebih hidup. Teknologi keselamatan ala Mazda bisa kamu sebut dengan Mazda Proactive Safety yang salah satu bagiannya adalah i-ACTIVESENSE. Yaitu, sebuah sensor yang bekerja dengan gelombang milimeter dan kamera untuk membantu kamu sebagai pengemudi, mengantisipasi bahaya, mencegah tabrakan dan mengurangi kecelakaan berat.

Teknologi i-ACTIVESENSE dari Mazda ini telah diakui dunia lewat Mazda6 yang berhasil mendapatkan penghargaan tertinggi dengan mendapatkan lima bintang di New Car Assesment Program (NCAP) yang diselenggarakan oleh US National Highway Traffic Safety Administration. Bahkan, sebelumnya Mazda6 pun telah mendapat Euro NCAP (European New Car Assessment Programme - September 2013), JNCAP (Japan New Car Assessment Program – November 2013) dan IIHS (Insurance Institute for Highway Safety – Desember 2013) yang juga memberikan lima bintang untuk mobil yang di Jepang dijuluki Mazda Atenza ini.

Drive it. Feel it. Live it, Be Alive!

*Berbagai sumber

comments powered by Disqus